TUGAS MATERI PANCASILA

TUGAS 1

Gratifikasi adalah sesuatu yang bisa dilarang karena dapat mendorong Pn/PN bersikap tidak obyektif, tidak adil dan tidak profesional. Sehingga akan memengaruhi kinerja Pn/PN yang tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Dapat dikatan gratifikasi adalah "menyuap"

Contoh kasus yang dapat saya ketahui dan dapat saya jelaskan yaitu :

Jika misalkan ada suatu pemilihan wali kota bandung, calon wali kota memberi warga nya sebuah sembako apakah itu berupa uang ataupun bahan pokok sehari hari sebelum hari dimana ia dipilih sebagai wali kota, dapat dikatan itu adalah sebuah gratifikasi, mengapa? menurut saya karena pemilihan wali kota nya belum dilaksanakan namun sudah memberi "sesuatu" artinya menyuap karena jadinya warga akan memilih calon wali kota itu

berbeda halnya jika calon wali kota itu sudah ditetapkan menjadi wali kota bandung, lalu wali kota itu membagikan sembako atau bahan pokok sehari hari kepada warganya, artinya itu adalah bentuk terimakasih atas terpilihnya ia menjadi wali kota.


TUGAS 2

Pengaruh pengembangan iptek yang tidak sesuai dengan nilai pancasila

Menurut saya salah satu pengaruh pengembangan iptek yang tidak sesuai dengan nilai pancasila adalah hilangnya nilai moral anak bangsa, mengapa demikian? tidak sedikit saya melihat pengguna sosial media terutama anak anak atau remaja yang sama sekali tidak bermoral dalam bersosisal media, apakah dari cara berbahasa ataupun perilaku, seperti tidak toleransi terhadap agama lain. Tidak sedikit saya melihat di sosial media orang orang, sindir menyindir agama lain, lebih parahnya lagi mengejek dsb, kebanyakan yang seperti itu menurut saya adalah anak anak atau remaja, walaupun tidak semua pengguna sosial media seperti itu, namun ada saja pengguna yang seperti itu


Pemimpin yang pancasialis menurut saya adalah Dedi Mulyadi

mengapa demikian? pemimpin yang pancasialis adalah pemimpin yang mementingkan kepentingan umum daripada kepentingan diri sendiri, kalimat itu dapat mencerminkan bapak Dedi Mulyadi, beliau lebih mementingkan keperluan warga, ia seringkali membantu warga tidak jarang ia sampai memberi uang untuk warga yang kesulitan, 


Komentar